Makanan Penyebab Asam Urat Yang Sering Dikonsumsi


Agar tidak mudah terkena penyakit asam urat, ada baiknya kita menghindari Makanan Penyebab Asam Urat Tinggi Yang Sering Dikonsumsi. Meskipun memang ada banyak faktor yang bisa memicu penyakit asam urat, dalam realitanya faktor pola makan, khususnya makanan yang kaya akan purin-lah yang menjadi salah satu penyebab utama tingginya kadar asam urat dalam tubuh.
Asam urat atau gout adalah sejenis penyakit sendi yang terjadi akibat kadar asam urat yang terlalu tinggi dalam darah. Pada kondisi normal, asam urat larut dalam darah dan keluar melalui urine. Tetapi dalam kondisi tertentu, tubuh dapat menghasilkan asam urat dalam jumlah berlebih atau mengalami gangguan dalam membuang kelebihan asam urat, sehingga asam urat menumpuk dalam tubuh.
Penumpukan asam urat akan membentuk kristal di sendi, yang dapat memicu nyeri dan pembengkakan di berbagai sendi tubuh. Meskipun umumnya terbentuk di sendi, kristal asam urat juga bisa terbentuk di ginjal dan saluran kemih. Kondisi tersebut dapat mengganggu fungsi ginjal atau menyebabkan batu saluran kemih.

Makanan Penyebab Asam Urat Yang Sering Dikonsumsi

Di dalam tubuh ada zat yang disebut purin. Zat ini terbentuk alami. Selain itu, purin juga dapat ditemukan pada beberapa makanan. Ketika perlu memecah purin, tubuh memproduksi asam urat untuk melakukan hal tersebut. Semakin banyak kadar purin yang harus dipecah, semakin banyak pula kadar asam urat yang diproduksi oleh tubuh.
Beberapa jenis makanan yang perlu dibatasi, bahkan dihindari untuk mencegah tingkat asam urat naik, antara lain :

·         Ikan laut

Meski ada berbagai manfaat ikan laut, namun sebaiknya hindari konsumsi ikan laut jika kadar asam urat Anda sudah tinggi. Contohnya adalah ikan sarden dan ikan teri. Hindari juga hidangan laut seperti kerang. Sebab, ikan-ikan yang disebutkan tersebut mengandung tinggi purin.
Jika anda ingin makan ikan, pilihlah salmon, dengan kadar purin tak setinggi ikan laut yang lain atau makanan laut lainnya seperti udang, kepiting, lobster, dan tiram. Namun, tetap batasi porsinya agar tidak dikonsumsi berlebihan.

·         Daging Merah

Daging merah seperti daging sapi dan domba, tergolong sebagai makanan penyebab asam urat tinggi karena mengandung purin yang tinggi. Agar kebutuhan akan protein tetap terpenuhi dan tetap terhindar dari kadar asam urat berlebihan, pilihlah daging putih seperti daging ayam. Atau Anda bisa menggantinya dengan sumber protein nabati, seperti kedelai dari tahu dan tempe.

·         Daging kalkun dan angsa

Daging kalkun dan angsa memang termasuk jenis daging paling enak yang pernah ada. Namun, jika kadar asam urat di dalam darah Anda terbilang tinggi, disarankan untuk menghindari konsumsi kedua daging ini. sebab, kadar purin dari kedua daging tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan daging putih lainnya.

·         Jeroan

Jeroan termasuk makanan penyebab asam urat tinggi yang benar-benar harus dihindari, terutama jika kadar asam urat Anda sudah di atas normal, sebab hati, otak, ginjal, atau jeroan hewan lainnya mengandung purin yang sangat tinggi.

·         Minuman manis

Aapakah Anda senang mengonsumsi minuman manis seperti soda, minuman rasa buah, atau minuman dalam kemasan? Minuman dengan rasa manis ini dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Sebab, rasa manis dari gula jenis fruktosa merangsang produksi asam urat yang lebih banyak.
Fruktosa juga dapat ditemukan secara alami pada buah seperti apel, pir, anggur dan kurma. Penelitian membuktikan, pria yang mengonsumsi fruktosa dalam jumlah banyak berisiko lebih tinggi terkena asam urat. Hal itu juga berlaku pada wanita yang sering mengonsumsi minuman manis.

·         Produk susu

Waspadai juga beragam jenis makanan dari produk olahan susu, seperti es krim, susu, keju atau yoghurt. Penelitian menunjukan, makanan dari produk susu tersebut dapat meningkatkan kadar asam urat. Jika Anda tetap ingin mengonsumsinya, pilihlah produk-produk olahan susu dari jenis yang rendah lemak. Lebih baik lagi jika Anda memilih yang benar-benar bebas kemak.

·         Sayuran Hijau

Tidak perlu kaget ketika sayuran hijau menjadi makanan yang perlu di hindari. Sebab, beberapa jenis sayuran hijau seperti bayam, kacang polong dan asparagus mengandung purin yang tinggi. Sayuran lainnya yang juga tinggi purin yaitu kembang kol dan jamur.
Meski demikian, sayuran ini tidak menambah kadar asam urat dalam darah separah jika Anda mengonsumsi daging merah. Jadi, sesekali Anda bisa mengonsumsi sayuran ini dalam porsi terbatas.
Nah, itu dia berbagai macam makanan penyebab asam urat. Jadi, jika memiliki penyakit asam urat, jangan terlalu banyak makanan  peneyebab asam urat atau bahkan menghindarinya.

Solusi Sembuh dari Penyakit Asam Urat Tanpa Efek Samping

Jika saat ini anda sedang mencari pengobatan Asam urat, kami memberikan solusi kesembuhan bagi anda yakni dengan mengobati asam urat yang anda derita dengan obat herbal Sehat Sendi yang terbuat dari bahan-bahan alami tanpa mencampurkan baha-bahan kimia lainnya.
Sehat Sendi juga diolah menggunakan Nano Teknologi yang mana teknologi ini mampu mempercepat penyerapan obat di dalam tubuh sehingga obat dengan cepat dapat bekerja membrantas asam urat yang berada di dalam tubuh Anda.

Untuk Informasi Lebih Lengkap Silahkan KLIK DISINI

Terimakasih telah berkunjung pada ulasan kami mengenai Makanan Penyebab Asam Urat Yang Sering Dikonsumsi yang pada kesempatan kali ini dapat saya ulas semoga bermanfaat.
Postby : Obat Asam Urat

Comments

Popular posts from this blog

Inilah Sayuran Untuk Penderita Asam Urat Yang Dianjurkan

Obat Asam Urat Tradisional Tanpa Efek Samping

Penyebab Umum Penyakit Asam Urat Yang Perlu Anda Ketahui